OFFICER MD

Introducing Text

Smart Tour in Jakarta

on 22 February 2009




Halaman Depan Istana Merdeka Jakarta

Tak terhitung sudah berapa kali saya menjadi bagian dari kelompok rombongan jalan-jalan ala ibu-ibu, baik ibu2 PKK, Ibu2 Dharma W anita atau Ibu2 Persit itu sendiri. Hampir semua schedule dan kesempatan adalah mengunjungi tempat wajib dan favorite Mangga Dua and Tanah Abang.

Apa sih yang diburu ???
Tak lain tak bukan yang diburu adalah pakaian, tas , sepatu dan pernak pernik keperluan pribadi. Belanja belanji teruuuuss , tangan kiri kanan sampe penuh dengan jinjingan, bahkan sampe rela beli tas segede karung goni untuk menampung belanjaan kita,,, tanpa disadarai dompet mulai menipis, ATM semakin berkurang, buntutnya ada yang rela menggesekan CC-nya.. (deuh… diambil dari pengalaman pribadi ne….)

Manfaatnya apa sih??
cuma menuh-menuhin lemari dan ngabisin duit aja..???
Kemungkinan ada rasa kepuasan bisa memiliki barang terbaru dengan harga miring, kepuasan karena bisa melihat Brand New Style merek-merek ternama (Ori or KW it’s doesn’t matter….), tapi sesampainya di rumah, kepuasan itu sebenarnya hanya kepuasan sesaat. Barang belanjaan sebenarnya bukan barang yang diperlukan. Malah barang setahun lalu masih terlipat rapi dilemari dengan merek yang masih bertengger… Mubaziiirr…
Kesimpulannya : Tidak begitu banyak manfaat yang bisa diambil, khususnya yang berhubungan dengan urusan belanja-belanji.

Mau sampai kapan sih pola hidup bagai Miss.Jinjing…???
Status Miss Jinjing mungkin akan selalu terpatri dalam diri wanita berapapun usianya, tapi mulai saat ini tentu harus lebih jeli dan smart dalam expend money, belanja hanya untuk yang diperlukan, membawa list dari rumah, juga makan dulu sebelum pergi shopping. Pengaruhnya nyata lho… (Thanks for the tips my dearest sister Nina Heri….)

Sekarang jalan-jalan seperti apa sih yang diminati..???
Sekarang sih lebih memilih jalan-jalan dengan cara yang lebih efektif, efisien dan tepat guna, yang bisa menambah wawasan dan mendapatkan ketrampilan dasar sebagai ibu RT. (Krisis Global ne… shopping-shopping kudu dibatasi…)

Menambah wawasan dan ketrampilan gimana maksudnya???
Salah satu contoh mengunjungi beberapa Musium, Istana Merdeka dan Mustika Ratu.

Memangnya bisa bebas jalan-jalan ke Istana Merdeka ??
Bisa banget dong, sudah sejak bulan Mei lalu Istana Merdeka dibuka untuk umum, Siapapun bisa datang untuk mengikuti Wisata Istana Kepresidenan. Gratis lagi…!!! Tapi dibukanya hanya hari Sabtu dan Minggu, dari pukul 09.00 WIB hingga pkl. 16.00 WIB, oya jangan lupa untuk membawa KTP atau kartu Identitas lain (KTA juga boleh). Jangan pake jeans and sandal thong ya (sandal jepit..), ntar ga boleh masuk…

Ngapain aja di dalam Istana Merdeka…???
Sedikit saya beri gambaran, bukan promosi loh… Rute wisata Istana Kepresidenan dimulai dari menonton film dokumenter tentang sejarah Istana Kepresidenan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Istana Merdeka, untuk keamanan Istana, satu per satu memasuki alat metal detector.
Kita tidak diperbolehkan membawa Tas dan Camera, handphone boleh tapi di-non aktifkan.
Disebelah kanan tempat pemerikasaan Metal Detector ada satu Pohon Tua yang disebut Pohon “Ki Hujan,,” rindaaang banget dan rada spooky. Tinggi Besar Kokoh Hitam Seolah lagi ngeliatin kita2…

Sebelum memasuki Gedung Istana, kita diberikan kesempatan berfoto bersama dihalaman depan Istana oleh tim dokumenter Istana. Dan Tour Guide kita saat itu adalah Mba Ernnie dari WARA menjelaskan sejarah serta benda pusaka yang ada dalam Istana Merdeka.



Ada apa saja sih didalam Istana ..???
Lukisan-lukisan , Guci keramik, lampu Kristal besar, Patung Soekarno & Hata, Cindramata dari beberapa Negara di dunia.
Lukisan 'Penangkapan Diponogoro' karya Raden Saleh yang berusia kurang lebih 2 abad. Warnanya sudah pudar tapi terlihat jelas kepiawaian sang maestro dalam menggoreskan karyanya. Rada rada spooky juga sih lukisannya, Kanvasnya lumayan besar untuk ukuran Lukisan pada umumnya.
Ada juga 3 buah Lampu Kristal dari Cekoslovakia yang masing-masing berbobot hampir 500kg. Yang ini juga baguuus banget, kebetulan saat itu lampunya emang dinyalain, jadi terlihat WAAAH…!!!

Di lantai bagian tengah terhampar karpet warna Merah Darah dari Persia, dan dilarang untuk diinjak, karena usianya sudah hampir 40 tahun, hasil hand made selama 4 tahun…
Yang menarik perhatian saya adalah Lukisan timbul dilangit-langit istana dan dindingnya, sangat artistik, peninggalan Belanda, luarbiasa kereeen banget, Dutchman memang mooy.

Dalam Istana ada satu kamar yang dijaga sangat ketat dan jarang dibuka, disitulah disimpan Bendera Pusaka Sang Merah Putih bendera resmi pertama bagi RI, ruangan kamar ini dulu menjadi Kamar Tidur Presiden Soekarno.

Setelah tour didalam istana, kita lanjut ke bagaian halaman belakang, disini ada patung petapa tua terbuat dari kayu berusia 300 tahun dan tidak dimakan rayap,.entah jenis kayu apa..
Dalam rumah kaca ada beberapa koleksi kaktus sebagai hadiah dari Ratu Monacco (Greice Kelly) kepada Ibu Tien Soeharto.
Di halaman sayap kanan ada 2 buah Pohon yaitu, Pohon Kenari Aira dan Pohon Sukun Aira yang ditanam oleh ibu Ani SBY untuk cucu pertamanya Almira Tunggadewi Yudhoyono (Aira).


Trus Kemana lagi jalan-jalannya ???
Selesai ke Istana Merdeka kita melanjutkan acara jalan-jalan ke PT.Mustika Ratu.Tbk. Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
Tujuannya untuk menambah ketrampilan pribadi utamanya ketrampilan merawat kesehatan jasmani dari luar dan dalam… (jasmani bukan sambil fitness cuy….)
Mustika Ratu Branch Office


Shopping lagi dong judulnya ???
Kan harus seimbang, masa sih kita jalan-jalan ga bawa oleh-oleh.. disini tidak belanja kalap dan jor-joran. Sampe perlu tas Goni segala, Belanja disini belanja Cantik, apa yang diperlukan untuk kebersihan tubuh, kesehatan jasmani dan keindahan kulit… Don’t worry Murah dan terjangkau semua anggota kok…

Memangnya bisa Bebas masuk ke Mustika Ratu???
Sebelum hari H, harus appointment dulu by phone dengan Ibu Gatari , kemudian mengirim fax data nama ibu2 yang akan mengikuti beauty class untuk dicantumkan di sertifikat. ( beauty class ini minimal diikuti oleh 20 orang).

Trus Ngapain aja di Mustika Ratu ???
Seperti biasa kami disambut oleh team Beautician Mustika Ratu, lazimnya sebuah acara, ada sambutan dari Ibu Lissy dan dari Persit, sambil tuker-tukeran Cindramata gitu deh.

Ibu Lissy Sulistyani (Corporate Promotion Manager PT.Mustka Ratu)
Sambutan Pembuka Sebelum Pelatihan

Cindramata dari Mustika Ratu

Cindramata dari Persit



Dalam Beauty Class apa saja sih yang dipelajari ???
Awal session kita mendengarkan dasar perawatan kulit wajah yaitu teori 5 P (Pembersihan, Penyegaran, Pengelupasan, Pemijatan dan Peremajaan). Beauty class dilanjutkan dengan tehnik menggunakan tata rias wajah, perawatan tubuh dan mempertahankan keharmonisan dalam rumah tangga yang disampaikan oleh Ibu Lissy Sulistyani Sebagai Corporate Promotion Manager PT Mustika Ratu.

Ibu Lissy juga menyampaikan bahwa Chairman PT.Mustika Ratu ibu Dr. Hj. BRA Mooryati Soedibyo, SS, M.Hum, diusianya yang ke 83 thn masih meneruskan Pendidikan S-3 nya di fak Ekonomi Universitas Indonesia Jurusan Startegic Management.. Semangat belajar yang patut kita contoh..

Selanjutnya kami mengikuti praktek beauty Class.

Pelatihan


Ada beberapa produk unggulan yang khusus ditawarkan kepada kami : kaplet “Pasak Buwono Ceng”, dan “Slimming Jel”
“Pasak Buwono Ceng”, bahannya dari Kayu Lanang dan buah Purwoceng (Pimpinella Alpina Radix), baru tau kalo ada buah namanya Cheng (kita dibikin Chengar Chengir ngebayangin si “Cheng” ….) yang konon berfungsi untuk meningkatkan stamina, pembangkit gairah seksual pria, menambah keperkasaan, dan meningkatkan jumlah hormon testoteron… laku juga nih ibu2 beli beginian…..
“Slimming Jel” mengandung bahan2 alami green tea dan daun the pegagan.
Hampir semua ibu2 rombongan membeli Slimming Jel ini… semoga lemak di pinggang bisa cepat hengkang ya….

Pasak Buwono Ceng...Lamanya Nyenengin !!! Oleh-oleh dari bu Lissy





Semoga jalan-jalan di Jakarta kali ini bisa memberikan Inspirasi untuk teman-teman dalam merencanakan Smart Tour di Jakarta, masih banyak tempat yang akan kami kunjungi yaitu Museum Purna Bhakti Pertiwi di TMII, Musium Gajah dan PT. Ultra Jaya, liputan singkatnya akan kami sajikan setelah kami selesai melaksanakan Smart Tour berikutnya. Salam Sayang untuk Mba, Mas dan Teman-teman Salam Asah Asih Asuh untuk adik-adik

Dan yang terakhir…..
Salam Cinta Untuk Suami tersayang ,yang selalu mendukung setiap aktifitas istrimu yang banyak maunya ini….
LOVE YOU HON….!!!!

10 comments:

Anonymous said...

sipp deh mba ini emang TOB banget , tour yang ngak menhabiskan uang tp bermanfaat buat anggota …emang mb offie is THE BEST deh..cita2 sya nti if jadi ketua mo bawa rombongan anggota ke tempat2 yg penuh inspirasi dan berdaya ilmu tinggi , ceile ..bhs ya canggih deh .

Btw mb di bogor juga ada Taman wisata SRIGANIS di cimanengah bogor selatan , di situ ada Taman Obat kelaurga , demo pembuatan minuman / jamu , praktek akupuntur, pelatihan olah pernapasan meditasi prana…wahh pokok ya berguna dehh..

Salut buat mba ‘ yang masih memikirkan kemajuan anggota ya ..TOP MARGOTOP deh ..he he kapan sy bisa jadi anggota mba offie ..he he he he
Keep on blogging ya mba ‘…. i adore u so much …!

Anonymous said...

Halo Offi,

Wah sip banget deh tournya, bunda salut dengan Offi mengajak anggota u/ menambah pengetahuan. Tetap di jalankan ya Offi dimanapun nanti Offi berada.

Betul banget apa yg Offi tulis, kita2 hanya lapar mata, tapi mungkin nanti mereka akan bosan juga kok he he. Berilah pengertian kepada anggota u/ membeli apa yang perlu, jangan lapar mata, dan kalau bisa beri mereka ketrampilan yg dapat memberi tambahan utk kas keluarga.

Ok Offi, sukses, selamat berkarya. Tuhan memberkati.

Anonymous said...

UUmm… baru tau deh kalo Istana dibuka untuk umum…..
Bowleh juga nih masuk dalam daftar ‘yang pengen dikunjungin’ kapan-kapan, hehehe…

Buah Cheng ya Mbak ?
Wah, jadi ikutan ngebayangin si Cheng juga nih….Hihihihi

Makasih infonya Mbaaak…

Anonymous said...

Benar-benar jalan-jalan yang bermanfaat….
Memang sekali waktu Ibu-ibu harus diajak ke tempat-tempat yang banyak nilai pembelajarannya juga untuk menambah rasa nasionalismenya karena seperti di Istana Merdeka kita menyadari dengan adanya mahakarya-mahakarya dari luar negeri yang ada di sana merupakan tanda bahwa hubungan baik dengan mancanegara sudah terjalin dengan baik dan saling menghormati sejak dahulu kala, itu harus dijaga kini dan nantinya….

Juga di Mustika Ratu, selain mengakomodir kepentingan belanja ibu-ibu, selain itu menyadarkan kita tentang “Mencintai Produk Dalam Negeri”…

Tapi tetap juga info penting tempat belanja murah ditunggu ya mbak….hihihi

Love,
Ira Ardhian S

Anonymous said...

Mba TOP banget siy tulisannya Terimaksaih banyak atas tulisannya yg begitu memberi inspirasi…

LOVE YOU,
Hotma

Anonymous said...

sip mbak, aku sangat setuju jalan2 yg seperti ini yg lebih asik...untuk belanja2 emang baiknya kita buat list dr rumah supaya pas sampai tmp belanja ga kalap, pengalaman pribadi karena aku yg belanaj bulanan keperluan rumah tangga..

untuk piknik,,wahh aku suka bgt yg mbak jalani sekarang ini,,ide mbak, jalan2 ke PTPN VIII Gunung Mas mbak, sehat plus tambah ilmu pengetahuan. Kita bisa jalan2 ke kebun teh alias tea walk, tp bisa juga berkunjung ke pabrik tehnya.

atau mbak di sekitar mega mendung, ada Saung Mirwan, kebun bunga tp ga sekedar bunga mbak, itu bunga2 yg untuk di export ke luar negeri,. ga hny bunga, ada juga timun jepang, trus paprika, wah besar2 lho mbak bagus bgt!!!mbak di liatin juga kebun2nya yg luas, terus packing nya juga di liatin...

pokoknya aku malah suka sm jalan2 seperti itu mbak, di banding ke mall heheheheh...!!!!!

ok mbak, met jalan2 kalo ada kesempatan, aku di ajak ya..pgn ke museum fatahillah nii dah lama bgt ga ke sana hehehehe....

Anonymous said...

Teh offi....luar biasa ulasannya bisa inget apa yg diliat. Ngomong2 kmrn bawa pena ama buku gak buat catatin setiap tempat yg disambangin kan gak boleh aktifin hape. Khusus buah "Cheng" aku cari di Oom Google gak ada tuh ada juga anak buah "Cheng Ho"

Anonymous said...

keep on blogging ya mba'....hmuahhh

OFFICER MD said...

@Bunda Theresia: terimakasih Banyak Bunda untuk suportnya.
@Dewi, Nina & Ira..: Thanks suport & Infonya..
@Tyo : Yg nyatet ibu2 anggota. Eike yg bikin tulisan,, Waktu tour di istana HP daku tinggal di Mobil..
Buah "CHENG" emang ga ada,, coba cari "Kayu Lanang.."
@Tami: Siiip.. Hijrah nih Blogingnya dr FS ke FB...

OFFICER MD said...

@ Hotma,, Makasih ya Non