OFFICER MD

Introducing Text

KALYANA KEKAL 87

on 24 September 2012

KALYANA KEKAL 87

Logo KALYANA KEKAL 87

"KALYANA KEKAL 87" adalah sebuah komunitas sosial yang mewadahi  kegiatan istri-istri alumni Akabri Angkatan Darat tahun 1987.


Latar belakang terbentuknya komunitas ini berawal dari pertemuan yang sering dilakukan sesama istri alumni yang menciptakan rasa senasib sepenanggungan dan seperjuangan sebagai  istri prajurit TNI Angkatan Darat sehingga menumbuhkan ikatan batin serta emosional.

Namun kegiatan-kegiatan yang dilakukan hanya bersifat kelompok kecil dan dalam lingkup wilayah yang terbatas, demikian halnya dengan sharing informasi maupun penyampaian berita-berita yang kerap kali tidak tersampaikan secara luas dan merata ke seluruh wilayah nusantara dan manca negara.(istri-istri yang mendampingi suami tugas di luar negeri)

Jalinan kebersamaan dan persahabatan telah tercipta dan terbina sejak menjadi anggota PERSIT KARTIKA CHANDRA KIRANA meskipun belum terwadahi dalam satu visi khusus istri-istri Alumni AKABRI TNI-AD 1987, sehingga dirasakan perlu memiliki nilai lebih yang bermanfaat  untuk istri-istri alumni khusunya dan masyarakat luas pada umumnya.

Berangkat dari latar belakang pemikiran dan hasil diskusi kelompk kecil bahwa diperlukan wadah / komunitas sosial istri-istri Alumni yang bisa mengakomodir kegiatan sosial maupun penyebaran informasi, dibentuklah sebuah wadah yang dapat mengkordinir setiap kegiatan dalam skala nasional berupa komunitas sosial istri Alumni AKABRI Angkatan Darat 1987 dengan nama “KALYANA KEKAL 87”


Pertemuan Perdana Kalyana Kekal 87 wilayah Jabodetabek , Hegar Manah Bandung - 7 Maret 2010





Penggunaan nama "KALYANA" diambil dari kamus Sansekerta Indonesia, penulis Prof. S. Wojowasito yang artinya Indah Cantik Bagus dan Baik (merepresentasikan peranan istri, ibu, saudara dan sahabat), yang terkesan sedikit unik namanya dan mewakili budaya ketimuran.


Sementara kata KEKAL 87 (Kekeluargaan Alumni 87) diambil dari organisasi sosial perwira TNI-AD Alumni Akabri Darat 1987, yang sudah terbentuk sejak tahun 1989, dan sebagai penggagas adalah Bp. Kolonel Inf. Ida Bagus Purwalaksana. (Mas Ida Bagus)
Begitu pula dengan penggunaan Logo Kalyana yang 90% mengacu kepada LOGO KEKAL 87.
Logo dan ejaan “KALYANA KEKAL 87” resmi digunakan sejak 8 November 2009.

Tujuan komunitas Kalyana Kekal 87 adalah :
1. Mempererat tali silaturahmi sesama istri alumni AKABRI TNI-AD 1987 yang berada di seluruh pelosok Indonesia hingga manca negara.
2. Berbagi informasi dan kisah dan pengalaman selama mendampingi para suami (TNI-AD 87) dalam menjalankan tugas mulia sebagai abdi negara.
3. Saling membantu dan bekerja sama sesuai tujuan dibentuknya komunitas KALYANA KEKAL 87

Dengan terbentuknya KALYANA KEKAL 87  ikatan tali silaturahmi sesama istri alumni, penyebaran informasi dan kegiatan saling membantu melalui aktifitas sosial dapat terkordinir dengan baik.
Anggota komunitas KALYANA KEKAL 87 ini lebih akrab disebut Kalyaners atau Madam's Kalyana.
Pengajian Rutin Kalyana Kekal 87


Pengajian Rutin Kalyana Kekal 87
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kalyana Kekal 87 mencakup kegiatan rutin Pengkajian Al'Quran, wisata domestik Indonesia dan kegiatan sosial, namun komunitas ini lebih difokuskan kepada kegiatan sosial,  dan dikenal dengan program "KALYANA PEDULI" . 
Penggagas gerakan "KALYANA PEDULI" adalah Titien Irmanda Sofyan



Walaupun mayoritas Kalyaners berada di luar Jakarta bahkan dipelosok Indonesia, tidak menyurutkan langkah dan semangat untuk bisa berkumpul.
Tingginya antusiasme para Kalyaners tercermin dari kehadiran disetiap pertemuan, serta partisipasinya dalam kegiatan sosial yang dilaksanakan.

Kepedulian dari para Kalyaners tersebut dihimpun melalui dana Rekening KALYANA PEDULI, dan sebagai contoh kegiatan peduli musibah gunung Merapi, "luar biasa..." dalam waktu 2 (dua) hari saja dana rekening Kalyana Peduli tergalang  hingga puluhan  juta bahkan mendekati angka ratusan juta.


Persiapan Penyerahan Bantuan untuk Korban Bencana Gunung Merapi 
Sleman Jawa Tengah
Oktober 2010



Penyerahan bantuan untuk korban bencana Tsunami 
Menatawai Sumatera Barat
November 2010
Kalyana Peduli Korban Banjir Bandang & Kebakaran
Ambon
Agustus 2012

Bantuan kepada korban bencana alam Wasior Papua Barat (Oktober 2010)

Kegiatan-kegiatan Sosial yang telah dilaksanakan :

  • Bantuan kepada korban bencana meletusnya Gunung.Merapi di Provinsi Jawa Tengah ( Oktober 2010)
  • Bantuan kepada korban bencana alam Wasior Papua Barat (Oktober 2010)
  • Bantuan kepada korban Tsunami Mentawai Sumatera Barat ( November 2010)
  • Bantuan kepada korban banjir bandang dan kebakaran di Ambon (Agustus 2012)
  • Bantuan kepada warakawuri Kalyana Kekal 87
  • Bantuan kepada Kalyana atau Kekal 87 yang sakit. 
Menjenguk Mas Romantika Hadi
Penyerahan Bingkisan kepada Mba Endang Usup Supriatna
Jatinangor Bandung
Juli 2012


Penyerahan Bingkisan kepada Octina Pegi ( Mas Undang Hidayat alm)
Jakarta Juli 2012

Dan masih banyak agenda yang akan dilaksanakan.

Dalam rangka menghimpun dan mendapatkan  pendanaan yang cukup untuk operasional,  KALYANA KEKAL 87 melakukan beberapa usaha jual beli beberapa produk seperti trening olah raga, pakaian batik, bahan batik, tas batik, souvenir, kalender serta donasi dari anggota KALYANA dan KEKAL 87.


Ada keunikan tersendiri dalam wadah komunitas “KALYANA KEKAL 87” dimana komunitas ini tidak memiliki Ketua  seperti layaknya sebuah organisasi sosial, namun demikian komunitas ini memiliki pengurus-pengurus yang aktif di bidangnya masing-masing, seperti Bidang Rohani, Bidang Sosial dan Bidang Umum, untuk keputusan komunitas dilakukan berdasarkan suara terbanyak.
Namun seiring berjalannya waktu serta untuk kepentingan bersama maka akan ada penunjukan Ketua KALYANA KEKAL 87 secara aklamasi.

Secara umum komunitas KALYANA KEKAL 87 sudah tersosialisasikan kepada istri-istri alumni AKABRI TNI-AD 87, namun sebagai komunitas sosial yang masih baru (+- 3 tahun) masih ada sebagian kecil istri yang belum memahami keberadaan komunitas ini, disamping belum sinerginya dukungan KEKAL 87 terhadap seluruh aktifitas KALYANA.


Salam Kalyana
Peace & Love














0 comments: