OFFICER MD

Introducing Text

FRIENDSTER VERSUS PERSIT…!!!

on 03 November 2008





VERSUS


Siapa sih yang ga tau FRIENDSTER,,, Yang baca Blog ini sudah pasti tau persis tentang FRIENDSTER (FS),, Tapi nggak semua orang tau tentang PERSIT (Persatuan Istri Prajurit).. Lalu apa hubungannya FS dengan Persit..?? Dilihat dari sudut manapun kedua-duanya memang tidak ada hubungan apapun, baik hubungan bisnis ataupun hubungan politik,,, apalagi hubungan sodara, moyangnya aja ga saling kenal… Yang jelas manfaat FS untuk Persit adalah ajang pertemuan PERSIT dari Sabang sampai Merauke ++ (yang lagi ikut dinas suami di LN),, tempat berbagi info dan gossip dari gossip “RECEHAN” sampe gosip yang seharusnya “TOP SECRET” weessss… RHS bo..!!!

Pertemanan di Friendster berlanjut ke YM (Yahoo Messenger), berkumpul bersama bikin conference dan disitulah tempat saling menyapa, berbagi info, membuat rencana pertemuan bahkan bercanda… Nah kalo udah becanda di YM apakah aturan di PERSIT masih terbawa…??? Hirarkis Senior Yunir..??? Tentu dong,,,,!!!! bagaimanapun juga kita bertemu di FS or YM karena ada persamaan status sebagai PERSIT. Yang Junior panggil Mba, Yang Senior panggil nama, semua aturan itu sudah diketahui bersama. Bercanda di YM membuat suasana lebih akrab, hangat dan hidup, becanda boleh boleh saja, asalkan jangan kelewat batas, apalagi sampai ada senior yang tersinggung.. Sah sah saja yang Junior ikutan nimbrung bercanda, karena hanya di ajang YM kita bisa melepaskan atribut FORMIL yang wajib dibawa saat di lingkungan Organisasi…

Sekarang masalahnya, bagaimana seandainya jika sang Senior ga mau di panggil Mba, Teteh or Kakak, maunya dipanggil Ibu, dan merasa Yunior tidak sepatutnya ikut bercanda dengan si”ibu” ini……

HALOOOO…!!!! Please deh ya,, kalo sdh di forum FS dan YM ga usah deh bawa bawa What Is Your HB Position,, jadi ga seru, jadinya FORMIL n TEGANG, cukup tau siapa yg lebih tua secara Usia, sesuai budaya timur-lah respecting the elders. Dan jika Yunior kita di PERSIT usianya lebih tua dari kita, untuk menjaga pertemanan panggil saja Mba, terlepas ybs nyaman or tidak, kita tetap harus menghormati yg lebih tua.. SETUJU…!!! (yang ga setuju semoga dikembalikan ke jalan yang benar,…)

Saya pribadi akan lebih nyaman kalo dipanggil “OFFI” saja oleh Senior (terlepas dia lebih muda or lebih tua), tidak De Offi or Jeng Offi (terkesan formil dan ada jarak),, dan oleh Junior cukup dipanggil Mba Offi or Teh Offi,, bukan Ibu Offi or Eyang Offi,, hehehehe (kesannya tuir bo…!!!) dan jika Senior saya lebih muda usianya “up to her” lah maunya panggil apa…!!! Dibikin enak aja, FS for Fun and make friendship kok,, bukan malah membuat permusuhan dan ketegangan.

Contoh nyata,, My HB (87) Dokter Prissy Pras (88),, saya menyadari secara usia bu Dokter lebih senior tapi melihat suami bu Dokter adalah Yunior suami saya,, rasanya saya ga nyaman jika hanya memanggik nama “Prissy” or “de Prissy” untuk itu saya panggil bu dokter kebetulan memang ybs adalah seorang dokter. Dan menurut saya fine fine aja dgn sebutan itu. Or saling memanggil “Mba” juga ga masalah, sah sah saja, asalkan kedua pihak tidak menonjolkan ke”aku”annya dan menghilangkan atribut “saya” adalah istri senior dan “kamu” adalah istri junior..

Sekedar mengingatkan,, Jika istri yunior lebih tua usianya dari kita, ga susah kok menyapanya dengan sebutan Mba, walaupun dia bilang,, “aduh Mba jangan panggil saya “Mba” dong, suami Mba kan senior suami saya,,”,,, ” sampaikan saja, bahwa kita ini hidup di Indonesia yang penuh dengan budaya ketimuran dan memiliki culture menghormati yang lebih tua..” and of discussion..

Well… what an experience….!!!

Dedicated for my beloved sister Eka Diana Chandra..

8 comments:

Anonymous said...

Hahahah…benerrr mb offie , di bawa santai aja yah..kita juga sudah tau aturan dan norma2 ya ..Adat ketimuran sudah ada dari sana ya , so pasti lah kita mengikuti norma2 yang ada..he he he

Apa pun masalah ya yg penting kata ” RESCPECT ” itu tadi yang Junior menghormati Senior ( kalo di dunia Persit ) Kalo di luaran ya terserah enak ya gimana , bener ngak mba..? asal jangan terbeban dan saling bersingungan…Tops buat mb Offie ….Hidup mba Offie Horeeeeeeeee!

Anonymous said...

Mbak Offi…

Sependapat mbak…

I love this part :
Sekedar mengingatkan,, Jika istri yunior lebih tua usianya dari kita, ga susah kok menyapanya dengan sebutan Mba, walaupun dia bilang,, “aduh Mba jangan panggil saya “Mba” dong, suami Mba kan senior suami saya,,”,,, ” sampaikan saja, bahwa kita ini hidup di Indonesia yang penuh dengan budaya ketimuran dan memiliki culture menghormati yang lebih tua..”

Semoga kita semua dapat berbesar hati untuk bisa menyesuaikan budaya ketimuran alami yg sudah diwariskan sejak dahulu kala dgn culture persit kita dan culture apapun yg tengah berlaku di negara tercinta kita ini…

Salam hormat selalu,
Heidi

Anonymous said...

Wah, seneng deh baca tulisan ini, akhirnya kebahas juga ya mbak soal-soal yang terlihat sepele tapi kadang bikin agak riweh…(kalo dibuat riweh..).

Saya setuju banget Mbak, yang paling penting bukan SEBUTANnya tetapi ATMOSFER yang menyertainya… Biar bilang ‘Mbak’, atau ‘Ibu’ tapi tidak sepenuh hati dan tanpa rasa hormat yang sesungguhnya alias cuma karena kewajiban aja sih kayaknya jadi nggak tulus juga persahabatan yang dijalin…
Manggil-manggil ‘Mbakku’ dll tapi dibelakang ngomongin iiih malesh bangeeet….

Nyebut nama aja tetapi dengan rasa hormat dan sayang yang tulus itu akan lebih bermakna bagi yang punya nama… Pokoknya sama-sama ridho deh, baik yang manggil maupun yang dipanggil.. Dibuat enak ajah…

After all, baik sama yang lebih tua dan lebih muda kan kita tetap harus saling menghormati kaaaan ??

Sip deh Mbak Offie….. sampai kapan pun tetep jadi Mbak yang asyik gini ya Mbaaak…..

Anonymous said...

Offi, apa yang Offi tulis sangat ok , dibawa santailah, kalau di persit nya ok lah kita panggil ibu, tapi diluaran santai yang penting hormat. Bunda punya cerita, ada senior jauh bunda, dimana bunda kenal sejak bpk msh pama, dan selalu bunda panggil mbk dan mas. Nggak sangka beliau jadi atasan bapak, dan bunda manggil ibu, apa yg beliau katakan dimana saya tetap mb dan mas mu, jd tidak usah pakai bu pak, malah nggak noleh wkt bunda manggil ibu & bpk. Nah sekedar contoh, jadi yang penting kita tetap santun & hormat selama kita bergaul. Ok Offi teruskan menulis untuk menambah pengetahuan yang membacanya (jika mau he he).

Anonymous said...

Dear Offie…
Saya juga setuju sama semua deh… (aduh tukang ngikut aja nih yaa, kaya anggota DPR yg ngantuk… he he he…)
Soalnya seperti cerita Bunda Theresia juga, saya banyak tuh ngalamin yg begitu. Cuma saya ada di posisi yg jadi “Ibu & Bapak” di cerita Bunda There… Tapi ternyata karena rasa saling hormat itu selalu kita pegang, tentunya kecanggungan itu tidak terasa. Yg lebih adalah kehangatan dalam persahabatan sebagai sesama istri prajurit…
So, terus berkarya yaa Offie…

Anonymous said...

Ass..Mb Offie sayang..

Yanni setuju mb…sebagai Yunior dan sebagai adik diFs dan dikenyataan(ngarep)..hehehe..
Banyak pengalaman Yanni sehubungan dengan yunior senior ini mb…
Begitu nikah ama suami aja udah beda 16 th, anak pertama pula…dengan adek2nya 3 orang yg udah diatas yanni semua umurnya…tapi hirarki dikeluarga menjadikan Yanni mbaknya mereka…ribet kan..Yanni harus dewasa dan jadi panutan..setali tiga uang sama Persit..
Dengan umur Yanni yg segini tapi jadi mbak buat yunior yg umurnya rata2 diatas yanni semua..piye??rules it’s Rules right?mudah2an bisa jadi mb yg asik seperti Teteh Offie sayang..
Fs menjadi penyeimbang buat semuanya…I hope..Keep Rockin mb…and be my Guide..

Anonymous said...

bolehkan ngasih koment…..krn saya termasuk yg army husbad…..bagus mbak and berbobot tulisannya….buat pedoman istri saya..

Anonymous said...

salam kenal mbak…….
mohon ijin untuk ikutan comment, sebagai junior jauh saya setuju banget dengan mbak, kalo setiap senior seperti mbak pasti asyik deh……
Kalo ada wkt singgah di blog saya ya mbak di http://www.persitkusayang.blogspot.com