OFFICER MD

Introducing Text

THR oh THR

on 03 November 2008





Ramadhan sudah berjalan 20 hari,,, Anggota biasanya sudah mulai tanya-tanya tentang THR yg bakal mereka terima, selain dapet terigu,gula, minyak goreng, margarine,syrup dll dari Koperasi, mereka juga bertanya THR dari Persit apa ya…(khususnya Pengurus)..

Pada Instanti Pemerintahan(Pemda, Departemen, BUMN)or swasta, THR sudah mereka anggarkan dalam budget kesejahteraan karyawan melalui bagian keuangan..

Bagaimana dengan anggaran THR di dalam Organisasi Persit…??

Untuk tingkat kepengurusan level atas (ex:PD or PG)tentu tidak begitu masalah karena ada Yayasan yang mengelola bidang komersil yang banyak mendatangkan keuntungan yg di peroleh melalui Seksi Ekonomi or Yayasan, sehingga dengan mudah menganggarkan besaran yang akan dibagikan kepada masing-masing pengurusnya…

Nah kalo di tingkat level bawah spt tingkat Cabang, Ranting dst kebawah… duuuhh puyeng mikirnya, mau ngasih sedikit ga tega, mau ngasih agak besar duitnya dari mana, apalagi kalo Dinas gak peduli sama Persit,, ujung-ujungnya duit pribadi lah yang dipake buat THR.. iya kalo banyak duit gimana kalo pas-pasan..???

Dilema THR selalu menyerang para Ketua disetiap menjelang lebaran,, Selain memikirkan keperluan lebaran keluarga, juga harus memikirkan THR untuk anggota / Pengurusnya,,, Jadi gimana dong solusinya..??

Nih yg perlu diingat,,

:::: Hemat Pangkal Kaya ::::

THR bukan sebuah keharusan dalam Organisasi Persit,

Tapi THR sangat dinantikan oleh Pengurus, sebaiknya kasih deh, walaupun hanya sehelai kain mukena or kue kaleng 1 bh or amplop isi duit 100rb atau apa lah sebagai tanda ucapan “Minal Aidzin Wal Faidzin”.. kalo cuma itu pasti ada dong duitnya…

Suatu hari adik kita Ketua Cab Batalyon tanya ke saya..

Mba, saya benar-benar lagi prihatin dan tong pes,, karena suami baru selesai Sesko, jd gak ada uang utk ngasih THR pengurus.. bisa kah dana THR itu diambil dari Bendahara atau Ekonomi..??

Dana THR bisa diambil dari Bendahara, bisa juga dari Ekonomi dengan catatan,,,,,,

· Bendahara..: Jika dana diambil dari bendahara, usahakan sisanya masih cukup untuk kelancaran organisasi, spt keperluan ATK, Honor PNS, Honor tukang sapu dll pengeluaran rutin bulanan.

· Ekonomi…..: jika anggaran THR akan diambil dr Ekonomi, jangan sampai modal dasar Dana Abadi & Bantuan Modal Usaha berkurang, gunakan sebagian keuntungan saja, krn masih banyak kegiatan lain yg perlu dana. Di buku kas cata sbg pengeluaran kepada Bendahara, selanjutnya Bendahara yg salur duitnya.

Ibu Danyon yang baik ya,, walau lagi “Tong Pes” masih tetep mikirin pengurusnya..

Tapi ada juga loh yang sama sekali tidak peduli tentang THR untuk Pengurusnya, malah dia menilai “ Rugi amat ngasih uang THR pengurus,, Cuma buang-buang duit gak ada hasil,, mending aku ngasih parcel yang gede aja ke atasan supaya kareer suami lancar””

Parah kan,,,, orang spt ini harus diingatkan akan arti “Kekuatan sebuah DO’A orang-orang kecil” (kita bahas lain waktu).

Jangan lupa ya,

bayarkan Zakat Fitrah yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa,, semoga puasa kita diterima oleh ALLAH SWT,,, jangan samapi yang kita lakukan ini hanya ritual-simbolik, sebatas menahan lapar dan haus.

Dan seseorang dianggap berhasil dalam menjalankan ibadah puasa: Ketika kualitas kesalehan individu dan sosialnya meningkat.

Ketika jiwanya makin dipenuhi hawa keimanan.

Ketika hatinya sanggup berempati dan peka atas penderitaan dan musibah saudaranya di ujung sana.

Artinya penghayatan mendalam atas Ramadhan akan membawa efek fantastik, individu, maupun sosial.

Tidak hanya urusan THR oh THR

Tahun ini Persit Ranting BS PG Kodilat AD bisa memberikan THR untuk pengurus walau nilai nominalnya kurang dari THR tahun lalu yang mencapai 1jt/orang. Tahun ini ¼-nya saja..

Bersyukur Ketua sebelumnya masih menyisakan banyak dana di Kas Bendahara, jadi tidak ada kebingungan yg harus saya alami..

Thank U so much to Mba Nila Agus Surya B.

We Luv U, and we always adore U as a Kindnes n Wise Leader..

offiekuswanto@yahoo.com

0 comments: